http://www.tribunnews.com/
TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Kalimantan memiliki banyak kekayaan alam dari hutan. Fungsinya pun beragam. Salah satunya adalah untuk obat-obatan alami (herbal). Sstt salah satunya fungsi herbal asli Kalimantan ini untuk keperkasaan pria lho.

Jika berkunjung ke pusat souvenir di Kalimantan Selatan akan menemui souvenir berupa gelas kayu. Eits jangan salah, ini bukan sekadar gelas biasa lho.

Orang Kalimantan biasa menyebutnya dengan kayu saluang belum. Fungsinya untuk kesehatan badan. Bisa juga untuk keperkasaan lelaki. Caranya meminum air yang sudah dimasukkan ke dalam gelas kayu itu.

Kayu selom belom dibentuk seperti gelas, lengkap dengan tutupnya yang diikat dengan seutas tali rapia antara pucuk tutupnya dengan kaki gelas. Jika dibuka, di bagian tengahnya ada bagian yang menjulang dan kuncupnya berlubang.

Menurut Misran, penjualnya dari Toko Hj Rabiatul di Mitra Plaza, Banjarmasin, lubang itu berfungsi sebagai penyerap air agar khasiat kayu selom belom keluar. "Ini untuk mengobati banyak penyakit, seperti lemah syahwat dan kencing manis," katanya.

Cara penggunaannya, dengan menuangkan air panas atau hangat ke dalam gelas kayu selom belom itu. Lantas, air didiamkan hingga dingin baru bisa diminum.

Fungsi air panas itu untuk mempercepat keluarnya zat-zat alami di kayu tersebut yang bagus dikonsumsi untuk pengobatan. Rasanya pun pahit sekali, karena ini berfungsi seperti jamu.

Dikutip dari : http://www.tribunnews.com/

Related Post :