REGANGAN KATUP

  1.     Pada motor 4 tak jarak renggang klep diperlukan untuk mengatasi perubahan renggang klep akibat panas yang dialirkan dari ruang bakar.
  2.     Yang dimaksud dengan renggang klep adalah jarak renggang antara ujung tappet klep dengan ujung batang klep. Kerenggangan dapat terjadi bilamana pelatuk klep (rocker arm) dalam keadaan bebas, tidak tertekan oleh tonjolan pada noken as (cam shaft).
  3.     Bila jarak renggang klep terlalu renggang, akan terjadi bunyi mesin yang tidak normal dan bila terlalu rapat, klep menjadi tertekan terus selama mesin berputar, sehingga kompresi berkurang, atau bisa jadi klep terbakar. Bahaya itu bro! untuk itu perlu dilakukan penyetelan renggang klep.
  4.     Akan tetapi, dalam melakukan penyetelan kita harus tahu dulu syarat-syarat melakukan penyetelan klep, diantaranya pemeriksaan dan penyetelan renggang klep dilakukan pada kondisi mesin dingin (dibawah 35 derajat C). Selain itu, harus dilakukan pada saat piston di titik mati atas pada langkah kompresi.

Cara Penyetelan Klep Speda Motor :

    Buka bodi motor bagian tengah dengan menggunakan obeng +. 

    Buka penutup lubang intip tanda top dan rotor magnet. 



  • Buka tutup klep/tutup kepala silinder (Honda Revo, CS1).
 
  • Putar rotor magnet (fly wheel) searah putaran mesin, sambil melihat klep “IN”. Apabila terlihat pelatuk klep “IN” turun kemudian naik kembali, berarti piston sudah pada langkah kompresi. Tepatkan tanda garis “T” pada rotor magnet dengan tanda pada crank case cover left. (Pada honda Revo tidak ada lubang untuk rotor magnet, jadi memutarnya menggunakan engkol stater).




Longgarkan mur pengikat(lock nut), dan putar adjusting screw ke arah merenggang secukupnya.
Masukkan fuller gauge dengan ukuran standar sesuai type (lihat tabel). Penyetelan dapat dianggap benar, bila fuller gauge ditarik agak seret tetapi dikembalikan tidak bisa dan fuller tidak tergores     
  
Spesipikasi celah Klep Untuk sebagian Speda Motor : 
Honda Revo = Celah Intake :0.1 mm / Celah Exhaust 0.1 mm
Honda Supra = Celah Intake : 0.03-0.05 mm dan Exhaust : 0.03-0.05 mm.
Honda GL max = Celah Intake : 0.1 mm  dan Exhaust :0.1 mm.
Honda Tiger = Celah Intake : 0.1 mm dan Exhaust : 0.1 mm.
Mega pro = Celah Intake : 0.1 mm dan Exhaust : 0.1 mm.
Honda CS1 = Celah Intake : 0.08 mm dan Exhaust : 0.28 mm.
Yamaha Jupiter Z = Celah Intake : 0.06-0.08 mm dan Exhaust : 0.06-0.08 mm.
Suzuki Smash = Intake : 0.06-0.08 mm dan Exhaust 0.06-0.08 mm.
Semoga info ini bermanfaat  buat temen-temen yang lagi mencari cara menyetel celah Klep motor temen-temen yang lagi butuh perawatan.

Related Post :