Maksud dari pengantian cairan pendingin mesin.
Seiring dengan berjalanya waktu maka kwalitas cairan pendingin pun menjadi memburuk. sehingga konsentratnya berkurang dan jika di biarkan akan menyebabkan karat juga pada engine.

  Untuk penggantian cairan pendingin jangan gunakan Air ledeng atau Suling apalagi Air laut, semua ini bisa membuat saluran mantel jaket di blok engine menjadi cepat berkarat dan usia mobil andapun jadi cepat rusak.
Di sebagin Negara Air ledeng itu tidak di perbolehkan untuk Minum dan mencuci karna bersifat keras. dan air ledeng juga tidak di perbolehkan untuk di gunakan untuk mengganti cairan pendingin mesin.

   Tapi kebanyakan orang-orang masih menggunakan air ledeng untuk mengganti cairan pendingin mesin padahal dia tau itu hanya memperpendek usia kendaraan dia sendiri. Karna air ledeng setelah digunakan beberapa lama, air pendingin akan menyebabkan karat yang begitu menumpuk dan juga karat akan membentuk dan merusak sistem pendingin. dan akhinya akibat karat maka jalur lubang-lubang air di Engine pun tertutup oleh karat sehingga air pendingin tidak bisa mendinginkan bagian yang mesti didinginkan sehingga mesin gampang mengalami panas berlebih.

Anti beku Dan Long Life Coolant(LLC).
  • Anti beku.
Pada iklim yang dingin, air pendingin di dalam radiator dapat membeku jika tidak dihidupkan pada jangka waktu yang lama. Oleh karna cairan pendingin mesin membeku maka akan mengenbang dan membuat retaknya Radiator, Blok Silinder,atau kepala Silinder, lebih parah lagi merusakan mesin. 
Anti beku, bahan utamanya adalah Ethylene glicol  dan di campur pada air pendingin pada titik beku yang lebih rendah dan mencegah air pendingin menjadi beku. Anti beku juga dapat di gunakan sebagai pendigin pada musim dingin di darah dingin.
tapi untuk Indoesia kayanya tidak berlaku karna indonesia adalah daerah tropis tidak seperti Eropa yang memiliki musin dingin dan salju.

  • Long Life Coolant (LLC).
 LLC dapat di campur kedalam air pendingin dan di gunakan sekitar setahun. meskipun bahan dasarnya Ethylene glicol  dari anti beku dan bahan tambah anti korosi Ethylene glicol dan bahan tambah anti korosi mempunyai daya tahan dan selanjutnya dapat di gunakan pada waktu yang lama.
Aluminium alloys di gunakan pada bagian radiator untuk mengurangi berat radiator. Alloys sendiri udah terkena korosi dengan larutan acidic dan alkaline dan akan merusak anti beku yang biasa di gunakan, kita harunya menggunakan LLC untuk mencegah karat dan korosi aluminium alloys.

Oleh karna LLC mempunyai titik didih yang tingg, akan mencegah overheating dengan meningkatkan titik didih dan mencegah karat yang menumpuk, dengan menjaga sistem pendingin selalu bersih pada waktu yang lama dan tidak menghalangi proses penyerapan panas.

  • Konsentrasi LLC Untuk pendingin.
perbandingan campuran antara LLC dan air biasanya 30-60% jika LLC konsentrasinya di bawah 30% proses penghilangan karat yang   menumpuk akan memburuk : jika di atas 60% kinerja anti beku akan berkurang.

Oleh karna itu pendingin membeku pada teperature yang bervariasi tergantung dari konsentrasi LLC, konsentrasi temperature yang paling rendah pada setiap daerah harus di sesuaikan. Formula yang di gunakan untuk menghitung konsentrasi LLC.


LLC konsentrasi(%)=           Jumlah konsentrasi cairan LLC                        x 100%
                                   Jumlah konsentrasi cairan LLC +jumlah Air


  • Interval Penggantian Cairan Pendingin.
Pada dasarnya LLC diganti setiap 2 tahun. Dengan cara membandingkan, pendingin dengan antibeku atau antikorosi seharusnya di ganti setiap enam bulan. jika pendingin di gunakan melebihi batas yang di tentukan, ketahanan korosinya secara dramatik akan turun dan sistem pendingin akan rusak karna karat. Saat air pendingin di ganti, selain itu,bersihkan sistem pendingin dengan menggunakan alat pembersih. 
Semoga Postingan ini bermanpaat dan saya mengharap koreksinya sebagai masukan agar posting ini bisa lebih baik,,,,!! 

Related Post :