Relay adalah Switch yang di oprasikan oleh sirkuit arus rendah dan di kontrol oleh oprasi sirkuit arus lebih tinggi. Sirkuit arus rendah mentenagai elektromagnet kecil yang menggerakan serangkaian kontak berpegas swictching arus yang lebih tinggi.

Voltage turun bisa dijaga minimum dengan menjaga sirkuit arus tinggi sependek mungkin sementara memicunya dari lokasi jauh. 

Relay terdiri dari 3 type :

  1. Normally Open paling umum dan digunakan untuk menyalakan sirkuit.
  2. Normally closed ini di pakai untuk membuka sirkuit seperti sirkuit WOT Air Conditioning Compressor.
  3. Relay Transfer di pakai untuk mentranfer voltase dari satu sirkuit ke yang lainya seperti sirkuit kecepatan tinggi ke sirkuit ke kecepatan rendah pada kipas pendingin.
Untuk Cara Kerjanya Contoh pada Relay 4 kaki Normally open. :

Normally Open
Pada gambar di samping telihat sebuah Relay Normally open yang di gambarkan terminal 3 (86)
terminal 1 (85)
terminal 4 (30)
terminal 2 (87)

Untuk cara kerjanya itu sendiri misal kita mau merakit sebuah maka gambarannya seperti gambar di bawah ini. Dimana arus mengalir keterminal 36 kemudian melewati Sekring (fuse) dan ke kontak atau saklar dan apabila saklar di hubungkan maka arus mengalir melewati kumparan dan keluar ke 85 yang langsung ke masa. karna di kumparan di aliri arus maka terjadilah kemagnetan dan mengakibatkan kontak point tertarik dan menyambungkan terminal 30 dan 87 maka aruspun mengalir dari 30 battray melewati fuse masuk keterminal 30 dan keluar dari 87 dan langsung ke klakson dan klakson itu sendiri langsung ke massa. sehingga pada posisi seperti ini klakson berbunyi.













Sekian penjelasan tentang relay beserta cara kerjanya semoga bermanpaat dan apabila ada kekurangan mohon di beri koreksi lewat comen agar saya bisa memperbaikinya. dan atrikel ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Related Post :