Jenis-jenis mesin injeksi
Electronic Petrol Injection (EPI) atau juga disebut Eletronic Fuel Injection (EFI) dan istilah-istilah lainya,,sesuai dengan pabrikan mobil itu sendiri. adalah pada intinya sama cuman tiap pabrikan saja yang mempunyai istilah masing-masing untuk menyebutny...!!Umumnya system EPI/EFI terbagi atas 2 jenis :
a. Berdasarkan jumlah injectornya.
b. Berdasarkan penempatan injectornyaA .Berdasarkan Jumlah Injektornya.
1. Single Point Injection.(SPI)
Single Point Injection (SPI) atau biasa disebut juga Throttle Body Injection (TBI) atau Central Fuel Injection System: yaitu hanya menggunakan satu Fuel Injector untuk beberapa Cylinder. Injektornya dipasang sebelum saluran isap yaitu di atas katup throttle. Prinsip kerjanya satu injektor memasok bensin untuk keperluan beberapa silinder sekaligus. Sistem ini sedikit mirip-mirip seperti sistem kaburator..tetapi di sini lebih bagus dari karbu. berikut contoh Gambar SPI.
3. Gasoline Direct injection (GDI).
Gasoline Direct Injection (GDI) yaitu Injector berada di dalam ruang bakar, sehingga bensin disemprotkan langsung ke ruang bakar tanpa harus melalui Intake Valve sama halnya dengan mesin Diesel yang Direct Injection cuman di sini kompresinya tidak begitu besar seperti Diesel. Dan Teknologi ini pun terbilang masih mahal, karena material Fuel Injector Nozzle harus tahan pada suhu tinggi di ruang bakar.
Gambar SPI |
Gambar MPI |
Kelebihan sistem MPI di banding SPI :
a. Distribusi campuran udara-bahan bakarnya lebih seragam untuk masing-masing silinder.
b. Respons terhadap perubahan posisi throttle pun lebih cepat.
c. Lebih akurat dalam mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kondisi operasi.
Maka dengan demikian performansi mesin dengan sistem bahan bakar MPI lebih bagus di banding dengan sistem bahan bakar SPI sehingga emisi berkurang, dan pemakaian bahan bakar lebih irit. Sebaliknya SPI sistemnya lebih sederhana, cenderung tidak merata karena distribusi campuran udara-bahan bakar sangat dipengaruhi oleh desain saluran isap.
Gasoline Direct Injection (GDI) yaitu Injector berada di dalam ruang bakar, sehingga bensin disemprotkan langsung ke ruang bakar tanpa harus melalui Intake Valve sama halnya dengan mesin Diesel yang Direct Injection cuman di sini kompresinya tidak begitu besar seperti Diesel. Dan Teknologi ini pun terbilang masih mahal, karena material Fuel Injector Nozzle harus tahan pada suhu tinggi di ruang bakar.
Gambar GDI |